CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Monday, April 13, 2009

BALI DAY 3

SAYA BENAR-BENAR CUCU YANG PERKASA!
Saya kagum pada diri saya sendiri.
Jadi, pagi-pagi jam 6an gitu, tante saya ngetok-ngetok kamar saya yang di rumah kakek-nenek saya. Ngerti ga?

Terus, Tante bilang, “Dhinang, Tante In mau kerja dulu ya, Cak (kakek saya) masih tidur-tiduran di kamarnya, ajak cerita-cerita, terus tolong dijagain ya,”.

Terus saya ngangguk2 dan jalan ke kamar kakek saya.

Sambil mijetin kakek, aku ngajak cerita, nanya nanya macem macem, gimana pas jaman perang, gimana bisa ketemu nenek aku, dan lain-lain.

Kakekku kasian banget deh. Beliau tuh hobinya baca, tapi MATANYA SAKIT SEJAK TAUN 2001 DAN SEKARANG GABISA LIAT APA-APA. KATANYA SEMUANYA KELIATAN PUTIH. Terus, jalan aja susaaaaaaaaaaaaaaaah banget, dan tangannya getar-getar. Aduh kasian banget deh. Mau ngapa-ngapain gabisa karena KONDISI FISIK GA MENDUKUNG. Makanya sekarang aku sadar banget,SELAGI MASIH MUDA, BERBUATLAH YANG BAIK DAN BERGUNA BUAT ORANG. KALO KAMU UDAH TUA DAN GABISA NGAPA-NGAPAIN, SEMUANYA JADI SUSAH. Selama sekitar 3 tahun, KAKEKKU GA KELUAR RUMAH SAMASEKALI KARENA NGGAK KUAT.Bayangin dong gimana bosennya? Sama aja kayak dipenjara. Bahkan, kakekku bilang, “Cak hobinya membaca tapi ndak bisa baca. Ini siksaan buat Cak,”. Makanya, selagi aku lagi di sana, aku mau berbuat yang terbaik yang aku bisa.

Terus, abis ngajak cerita-cerita dan mijetin selama sekitar 2 jam, aku nuntun kakekku ke kamar mandi. Kamar mandinya itu yah, cuma sekitar 5 meter dari tempat tidurnya. Kalo manusia muda cuma butuh 10 detik untuk nyampe ke kamar mandi, kakekku butuh 1 menitan untuk nyampe ke sana. Terus, aku bantuin kakek untuk sikat gigi, yaampun, mau sikat gigi aja susahnya bukan main. Tangannya gemeteran.

Udah gitu, aku nuntun kakek keluar kamar, kakek pingin duduk di deket kolam ikan.Karena kecerobohanku, kakekku yang gabisa liat apa-apa itu kejedut tembok. Kakekku langsung megang kepala, mukanya kayak kesakitan banget, sambil bilang “aduuuuuh...aduuuuuh...sakiiiit” dengan nada bicara orang tua yang gemetar-gemetar itu. Aku mau nangis rasanya karena liatnya ga tega. Aku langsung bilang, “Maaf Cak! Maaf Cak!”sambil mijet kepalanya. Pas abis kejedut itu, Kakekku langsung kayak mau pingsan mukanya.
Abis itu, setelah udah agak baikan, aku nuntun kakekku lagi menuju kolam ikan.Terus di sana kan ada sofa, aku bantuin kakekku duduk di situ.Abis itu, aku tinggal mandi dan sarapan.

Abis selesai mandi dan sarapan, aku nyuapin kakekku dan bantuin minum obat. Kasian deh, mau melahap makanan yang aku sodorin aja rasanya susah banget. Terus, setelah nyuapin, aku bacain koran buat kakekku. Abis itu, aku ajak cerita-cerita lagi.

Nah terus, kakekku bilang, “besok dhinang sudah balik ke Jakarta, siapa yang mau nungguin Cak?” dengan gemetar. Terus aku hibur hibur kakekku gitu kan. Nah udah gitu, aku nuntun kakekku ke kamarnya dan beliau tidur siang.

Terus, aku sms papaku, “Pah, aku cucu yang perkasa loh”, terus Papa bales, “Ya, memang harus begitu. Cak dan Mbah(nenekku) adalah junjungan Papa”

Terus, nggak lama, mama dan nenekku dateng deh dari rumah masa kecil nenekku itu. Nah, kakekku dihandle sama nenekku sekarang jadi, sekarang aku punya my own me time.

Sorenya, aku, mama, tante, om, dan Uwaku pergi ke 3 pura yang ada di daerah Klungkung. Uwa itu apa? Uwa itu bahasa Klungkungnya ‘Nenek’. Jadi, orang yang kusebut Uwa itu adalah anaknya kakak
kakekku. Ngerti ga? Ya pokoknya gitu deh. Klungkung itu adalah kampungnya kakekku, jadi sehabis dari pura, aku mau ke rumah masa kecil kakekku untuk sembahyang.

Rumahnya itu kunoooo banget, yah rumah jaman dulu gitu deh.Serem sih, tapi di keluargaku, emang jadi kebiasaan sembahyang di rumah leluhur supaya rumahnya itu dijaga sama Tuhan. Maklum, rumahnya itu nggak ada penghuninya, tapi setiap bulan rutin disembahyangin.

Nah, gitu deh ceritaku pada tanggal 10 April 2009 alias Paskah itu. Hari di mana wafatnya Isa Almasih yang diperingati sama umat Kristiani itu, juga berarti buatku karena aku mengalami serangkaian kejadian inspiratif. Nah sekarang pesanku ini buat kalian-kalian yang baca post kali ini, sayangi keluarga kalian ya, karena kita semua gatau umur manusia. Selagi kita bisa berbuat baik, berbuat baiklah, jangan menunda-nunda karena menyesal nantinya. Aku sama sekali nggak berusaha menggurui, namun aku cuma mau membagi pengalaman dan apa yang kurasakan kepada kalian semua.

0 comments: